Mountain View

Sistem Informasi Penelitian Politeknik Negeri Malang

My Library... My Future... Grow With Library Politeknik Negeri Malang


Tentang Sistem Informasi Penelitian Politeknik Negeri Malang

Post by Polinema Librarian, Sep 21, 2017.
Food Ipsum

Perpustakaan digital tentunya juga memiliki sejarah dan perkembangan dari tahun ke tahun terutama dalam hal sistem aplikasi yang diterapkan pada setiap unit atau lembaga perpustakaan. Dalam perkembangannya perpustakaan digital tersebut mulai berkembang sebuah paradigma dalam suatu institusi-institusi baik lembaga formal ataupun non formal sebagai wadah akses dari layanan koleksi digital milik mereka atau yang biasa disebut institutional repository (IR).

Pengembangan institutional repository (IR) telah menjadi concern banyak kalangan peneliti, akademisi, perguruan tinggi dan lembaga riset. Selain dalam bentuk artikel jurnal, tesis dan disertasi berfokus mengkaji IR dari berbagai universitas di dunia juga melimpah. Ratusan buku, manual dan website dibuat dan didedikasikan untuk para pengembang IR. Beberapa international conference terutama dalam bidang library and information science juga telah banyak yang mengangkat IR sebagai grand theme. Hal tersebut di atas dapat menunjukkan bahwa pentingnya pengembangan IR telah menjadi keinsyafan bersama.

UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Malang merupakan salah satu perpustakaan di bawah naungan institusi Politeknik Negeri Malang yang merupakan sekolah tinggi dengan berbasis pada pendidikan vokasi. Dalam implementasinya sebagai penyedia akses informasi khususnya bagi civitas akademika Politeknik Negeri Malang perpustakaan menerapkan apa yang disebut dengan institutional repository (IR) sebagai wadah penyimpanan dan akses koleksi berbasis digital. Pada dasarnya seluruh konten dalam institutional repository ini merupakan seluruh karya internal civitas akademika Politeknik Negeri Malang. Beberapa jenis koleksi yang disediakan dalam institutional repository ini meliputi: Karya Akhir Mahasiswa  Laporan Akhir (D3), Skripsi (D4), Thesis (S2) Laporan Penelitian dan Pengabdian Dosen dan Karyawan.



RECENT POSTS